Bagi Anda pengguna Shopee, apakah akun Anda pernah mengalami pembatasan atau pembekuan? Pembatasan atau pembekuan ini bisa terjadi pada siapapun, baik itu akun penjual maupun akun pembeli. Lalu, bagaimana cara mengatasi akun Shopee yang dibatasi?
Pada dasarnya, ada beberapa alasan kenapa akun Anda bisa mengalami pembatasan. Dari mulai adanya indikasi penipuan, penyalahgunaan voucher dan promo, dan berbagai penyalahgunaan Shopee lainnya. Berikut adalah penjelasan tentang pembatasan akun Shopee!
Pembatasan Akun Shopee dan Cara Mengatasinya
Mungkin, Anda ingin tahu bagaimana ciri-ciri akun Shopee yang mengalami pembatasan? Biasanya, ciri-ciri akun Shopee dibatasi adalah adanya notifikasi tentang pembatasan akun yang muncul ketika Anda akan login atau checkout.
Kemudian, berapa lama pembekuan akun Shopee? Akun Shopee yang mengalami pembekuan atau pembatasan akan terhapus secara permanen setelah 30 hari jika Anda tidak segera mengatasinya. Maka dari itu, inilah cara mengatasi akun Shopee yang dibatasi!
1. Cara Mengatasi Pembatasan Akun Penjual
Pada dasarnya, terdapat banyak alasan kenapa akun penjual dapat mengalami pembatasan. Dari mulai adanya lebih dari 5 toko dengan identitas penjual yang sama, adanya indikasi penipuan, adanya pelanggaran, dan berbagai penyalahgunaan lainnya.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda dapat mengirimkan pengajuan pengaktifan akun Shopee ke pihak terkait dengan mengajukan banding. Cara mengajukan banding Shopee untuk akun penjual adalah sebagai berikut!
- Pertama-tama, siapkan berbagai berkas seperti foto KTP atau kartu identitas lainnya, foto Kartu Keluarga, dan fotokopi izin usaha jika ada.
- Kemudian, siapkan juga bukti pengiriman produk dan bukti jika Anda pernah memiliki produk tesebut.
- Selain itu, siapkan juga dokumen yang menjelaskan informasi lengkap tentang bisnis Anda.
- Selanjutnya, isi surat pernyataan yang menyatakan jika Anda tidak akan mengunggah lagi produk yang melanggar ketentuan. Suratnya dapat Anda unduh di sini.
- Terakhir, isi formulir pengajuan pengaktifan akun di sini.
2. Cara Mengatasi Pembatasan Akun Pembeli
Selain penjual, pembatasan akun juga dapat terjadi pada akun pembeli. Biasanya, ini terjadi karena adanya indikasi penipuan, kecurangan, dan berbagai penyalahgunaan lain yang melanggar syarat dan ketentuan Shopee?
Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pembatasan atau pembekuan akun tersebut? Sama seperti untuk penjual, Anda perlu mengajukan banding ke pihak Shopee untuk mengaktifkan kembali akun Anda, berikut caranya!
- Pertama-tama, siapkan berkas foto KTP atau kartu identitas lain yang sah dan foto Kartu Keluarga.
- Selanjutnya, siapkan juga bukti pembelian seperti nomor resi, bukti chat, dan lain sebagainya.
- Terakhir, Anda hanya tinggal mengisi formulir ini untuk mengajuan pengaktifan akun Anda yang mengalami pembatasan.
Penutup
Itulah sedikit penjelasan dari Motiska cara mengatasi akun Shopee yang dibatasi untuk akun penjual dan untuk akun pembeli yang dapat Anda ikuti dengan mudah. Semoga membantu!