Kenapa voucher Telkomsel tidak bisa digunakan? Terdapat beberapa penyebab yang mungkin terjadi pada voucher.
Kalau Anda ingin mengatasi permasalahan yang ada, terlebih dahulu identifikasi masalahnya. Simak berikut beberapa permasalahan dan cara mengatasi masalah voucher yang mungkin terjadi.
Penyebab Voucher Telkomsel Tidak Bisa Digunakan
Berikut adalah beberapa penyebab yang menjadikan voucher telkomsel milikmu tidak bisa digunakan:
1. Pastikan Kode Voucher yang Dimasukkan Valid
Cara mengaktifkan voucher Telkomsel yang pertama biasanya memasukkan kode voucher. Masukkan kode dengan teliti, sehingga tidak terjadi kesalahan.
Kode terdiri dari 17 digit angka, jika kamu salah memasukkan salah satu, otomatis kode tidak akan valid.
Kamu juga harus menggosok kode hologram dengan hati-hati dan teliti. Jangan sampai kurang bersih atau terlalu kuat menggosoknya.
2. Kode Voucher Beda Regional
Permasalahan yang cukup sering kenapa voucher Telkomsel tidak bisa digunakan adalah beda regional. Voucher tidak bisa digunakan di regional yang berbeda. Sehingga perlu dengan teliti memeriksa tulisan di dalam voucher.
Tidak semua wilayah sama dalam mengakses harga dan paket kuota yang ditawarkan Telkomsel. Hal tersebut karena Telkomsel melakukan pembatasan regional.
Cara cek regional voucher Telkomsel dengan beberapa langkah. Kamu dapat mengikuti pada voucher yang baru dibeli. Pastikan cek status voucher pada *123*nomor seri pada voucer# sebelum melakukan gosok hologram pada voucher.
3. Aktifkan Voucher yang Kadaluarsa
Selanjutnya kenapa voucher Telkomsel tidak bisa digunakan adalah voucher sudah kadaluarsa. Biasanya voucher Telkomsel memiliki masa aktif 60 hari sejak pengisian kuota oleh reseller. Pada jangka waktu tersebut, kuota masih bisa digunakan.
Kalau voucher sudah melewati batas waktu, maka secara otomatis tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, kamu harus selalu cek masa aktif voucher sebelum dibeli.
Cara untuk cek voucher Telkomsel aktif atau tidak dengan menekan *123*nomor seri pada voucher# dan kamu akan mendapatkan informasi seputar voucher.
4. Kode Voucher Sudah Digunakan dan Server Sibuk
Permasalahan berikutnya yaitu kode voucher sudah digunakan oleh orang lain dan server yang sedang sibuk.
Bila kamu mendapati permasalahan seperti ini, tidak perlu panik. Cek kuota internet pada *888# untuk dapat melihat proses sebelumnya berhasil atau tidak.
Jika kuota yang kamu beli belum masuk, namun saldo pada voucher terpotong. Kamu bisa melakukan komplain kepada Customer Service Telkomsel di 888.
Cara Mengatasi Permasalahan pada Voucher Telkomsel
Tidak ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah voucher yang sudah mati. Maka pastikan ketika membeli, lakukan aktivasi voucher di tempat.
Tidak ada juga cara mengatasi voucher beda regional. Maka, selalu cek pada *123*seri pada voucher# ketika setelah melakukan pembelian.
Penutup
Kenapa voucher Telkomsel tidak bisa digunakan? Banyak penyebab mengenai hal itu, namun senantiasa lakukan pengecekan ketika habis membeli.
Kamu harus memastikan apakah voucher bisa dipakai atau tidak. Yuk, lakukan langkah di atas pada voucher yang baru kamu beli. Semoga penjelasan motiska di atas membantu ya!