Anda sering berbelanja dengan aplikasi belanja daring Shopee? Apakah Anda beberapa kali memiliki keluhan saat berbelanja di Shopee seperti barang rusak, hilang, hingga tak sesuai? Jika iya, Anda bisa mengajukan komplain, berikut ini cara komplain di Shopee.
Sebelum membahas cara komplain di Shopee, sebaiknya kenali dulu apa itu Shopee? Shopee adalah situs atau aplikasi belanja daring yang cukup populer saat ini. Dengan warna oranye, Shopee dirilis pada Juni 2015 dan sudah di-download sebanyak 100 juta pengguna.
Aplikasi belanja daring ini tentu saja kerap kali menerima berbagai komplain dari pelanggannya. Umumnya, komplain yang diajukan, di antaranya barang rusak, hilang hingga tak sesuai. Bagi Anda yang juga ingin mengajukan komplain, berikut ini cara komplain di Shopee.
1. Melalui Email
Anda bisa komplain Shopee melalui email support@shopee.co.id. Ada customer service yang 24 jam akan melayani komplain Anda dengan ramah.
Anda bisa menjelaskan masalah yang ingin diajukan sebagai komplain. Pihak Shopee pun akan membalas email Anda dengan ramah dan menanyakan perihal lebih lanjut. Setelah itu, akan ada solusi yang diberikan oleh pihak Shopee.
Jika ternyata Anda belum puas dengan jawaban dari pihak Shopee, Anda bisa melanjutkan komplain Anda kepada mereka. Pastikan untuk tidak terbawa emosi saat menyampaikan komplain.
2. Melalui Telepon
Anda pun bisa komplain Shopee melalui telepon 1500702. Nantinya, customer service akan menjawab panggilan telepon Anda dan menanyakan bantuan. Anda bisa langsung menjelaskan komplain Anda kepadanya.
Customer service Shopee pun akan mendengarkan komplain Anda. Setelah itu, akan diberikan solusi dari komplain Anda.
3. Melalui Twitter
Anda juga bisa mengajukan komplain melalui media sosial Shopee seperti Twitter. Akun Twitter Shopee adalah @ShopeeID dan @ShopeeCare. Anda bisa langsung mengajukan komplain di akun Twitter mereka, entah melalui mention atau DM (Direct Message).
Cara ini cukup mudah dibanding harus mengirim email maupun menelepon customer service. Namun, Anda harus tetap sabar dibalas oleh customer service di Twitter karena mereka akan membalas komplain Anda berdasarkan antrean.
4. Melalui Fitur Live Chat
Cara termudah adalah dengan memanfaatkan fitur Live Chat di aplikasi Shopee. Caranya dengan buka aplikasi Shopee Anda dan pilih menu Saya, kemudian cari dan pilih menu Chat dengan Shopee atau Chat with Shopee.
Anda pun akan diarahkan ke tampilan live chat bersama Choki, yaitu chat bot dari Shopee. Choki secara otomatis akan menanyakan komplain Anda. Anda bisa menjelaskan langsung komplain Anda melalui chat.
Nantinya, Choki akan menyampaikan komplain Anda kepada customer service untuk mendapatkan solusi dari komplain Anda.
Penutup
Itulah mengenai cara komplain di Shopee yang bisa Anda lakukan. Dengan begitu, Anda tak perlu bingung untuk mengajukan komplain ke Shopee.