Sejak munculnya aplikasi belanja Indomaret, informasi tentang cara membatalkan pesanan di Klik Indomaret dibutuhkan oleh masyarakat penggunanya. Klik Indomaret sendiri adalah sebuah situs pasar online yang menyediakan beragam barang dan jasa.
Tumbuhnya teknologi modern saat ini memang memicu munculnya beragam platform e-commerce di tanah air. Akibatnya, terjadi perubahan gaya hidup masyarakat di semua lini, termasuk cara belanja.
Akan tetapi dengan belanja secara online, maka pihak konsumen harus paham betul bagaimana cara membatalkan pesanan di Klik Indomaret sebagai tindakan preventif. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti uraian di bawah.
Kemudahan Belanja dan Bayar di Klik Indomaret
Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara membatalkan transaksi Indomaret, ada baiknya dipahami dulu apa itu Klik Indomaret.
Klik Indomaret adalah sebuah kemudahan belanja bagi konsumen Indomaret. Sistem belanja di Klik Indomaret adalah one stop online store, dimana bukan hanya produk rumah tangga saja yang disediakan, namun termasuk juga layanan bidang jasa.
Selain kemudahan berbelanja, Klik Indomaret juga menawarkan kemudahan pembayaran. Cara pembayaran Klik Indomaret dapat dilakukan secara online melalui CIMB Niaga, i-Saku, BCA KlikPay, Mandiri ClickPay dan penggunaan kartu kredit (Visa, Master Card dan JCB).
Cara Pembatalan Pesanan Klik Indomaret
Apabila terjadi sesuatu hal dan pihak konsumen ingin melakukan perubahan terhadap daftar belanjanya, apakah ada cara membatalkan pesanan di Klik Indomaret?
Dirangkum dari website resmi milik Klik Indomaret, ketentuan untuk pembatalan pesanan adalah sebagai berikut:
1. Pembatalan Pesanan Barang Grocery
Pada jenis barang-barang grocery, pembatalan pesanan masih dapat dilakukan oleh pihak konsumen apabila 2 syarat yang ditetapkan oleh pihak Klik Indomaret terpenuhi. Yang pertama, pesanan dapat dibatalkan apabila proses pembayaran belum dilakukan oleh pihak konsumen.
Sedangkan syarat kedua, pesanan di Klik Indomaret masih bisa dibatalkan apabila barang yang dipesan oleh pihak konsumen belum sampai di tangan konsumen tersebut.
Sedangkan cara membatalkannya yaitu menghubungi call center klik indomaret di customercare@klikindomaret.com atau call center (021) 1500280. Lalu Anda bisa menyampaikan pesan bahwa ingin membatalkan pesanan di akun klik indomaret Anda.
2. Pembatalan Pesanan Non Grocery
Berbeda lagi ketentuan pembatalan pesanan untuk barang-barang yang telah dipesan melalui Klik Indomaret untuk jenis barang non grocery.
Pada jenis produk non grocery, konsumen Klik Indomaret tidak dimungkinkan untuk melakukan pembatalan terhadap pesanan yang telah dilakukan. Namun itu hanya berlaku apabila proses pembayaran belum dilakukan oleh pihak konsumen.
Contoh kasus: konsumen melakukan pesanan tiket kereta api dan pembayaran telah dilakukan. Namun ternyata ada kesalahan tujuan, maka pesanan tersebut tidak dapat dibatalkan. Yang dapat dilakukan adalah mengajukan refund biaya tiket kepada PT KAI.
Namun perlu diingat bahwa besaran dana pengembalian biaya tiket tersebut akan mengikuti ketentuan dari PT KAI.
Demikianlah uraian tentang cara membatalkan pesanan di Klik Indomaret yang dapat disampaikan. Semoga dapat membantu dan selamat belanja!